Sinopsis Penganggaran Modal Dan Analisa Resiko Investasi

Posted by Unknown On Sabtu, 28 Juli 2012 0 komentar



Judul Buku : Penganggaran Modal Dan Analisa Resiko Investasi
Pengarang : Tonny L. Achmad, S.E.
Penerbit : Koperasi Penerbitan Buku Bandung 1991.
Tahun Terbit : 1991

BAB I : PENDAHULUAN

    1. Arti dan Tujuan Penganggaran Modal
Penganggaran modal (Capital Budgeting) adalah proses kegiatan yang mencakup seluruh aktivitas perencanaan penggunaan dana dengan tujuan untuk memperoleh manfaat (benefit) pada waktu yang akan datang. Penganggaran modal berkaitan dengan penilaian aktivitas investasi yang diusulkan. Aktivitas suatu investasi ditujukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan selama periode tertentu di waktu yang akan datang, yang mempunyai titik awal (kapan investasi dilaksanakan) dan titik akhir (kapan investasi akan berakhir).
Penganggaran modal meliputi seluruh periode investasi yang mencakup pengeluaran-pengeluaran (cost) dan manfaat (benefit) yang dikuantifikasi, sehingga memungkinkan untuk diadakan penilaian dan membandingkannya dengan alternatif investasi lainnya.
Penganggaran modal dalam prakteknya dimaksudkan untuk mengadakan analisis investasi dari beberapa alternatif investasi yang tersedia, untuk kemudian menetapkan atau memilih investasi yang paling menguntungkan. Ketidaktepatan dalam menetapkan pilihan investasi akan menimbulkan kerugian-kerugian baik kerugian ril ataupun kerugian karena kehilangan kesempatan untuk memperoleh manfaat yang lebih menguntungkan (opportunity cost) yang sebenarnya dapat diwujudkan. Analisis investasi akan menyeleksi kesempatan-kesempatan investasi yang ada, sehingga dapat dipilih investasi yang memberikan manfaat terbesar dari setiap rupiah dana yang diinvestasikan.

    1. Pentingnya Penganggaran Modal
Terdapatnya beberapa aspek menyebabkan penganggaran modal mempunyai posisi strategis didalam perencanaan suatu investasi. Aspek-aspek tersebut diantaranya :
  1. Pengaruh jangka panjang
  2. Waktu tersedianya aktiva modal
  3. Pengumpulan dana

      1. Pengelompokkan Usulan Investasi
Berdasarkan manfaat yang dapat dihasilkan oleh investasi maka usulan investasi dapat dikelompokkan menjadi :
Investasi yang memberikan manfaat langsung (Direct Benefit). Manfaat langsung investasi dapat berupa kenaikan nilai output ataupun penurunan biaya produksi.
Investasi dalam kelompok ini terdiri dari :
  1. Investasi penggantian (replacement)
Untuk mengganti aktiva lama yang telah aus karena penggunaan, ataupun aktiva yang dirasakan telah tidak sesuai lagi untuk digunakan karena terdapat aktiva lain yang lebih efisien.

  1. Investasi perluasan (ekspantion)
Investasi perluasan dimaksudkan untuk menambah kemampuan kapasitas yang telah ada guna memenuhi permintaan yang cenderung meningkat.
  1. Menghasilkan produk baru (new product aktivities)
Resiko usaha dapat dikurangi secara relaitf, jika perusahaan yang bersangkutan melakukan diversifikasi dari produk yang dihasilkan.
Diversifikasi produk menyebabkan perusahaan akan beroperasi di berbagai segmen pasar. Sehingga jika terjadi kekurangberhasilan pemasaran suatu produk pada segmen pasar tertentu, secara relatif dapat dikomvensasikan oleh keberhasilan pemasaran produk lain pada segmen pasar lainnya.
Investasi yang memberikan manfaat tidak langsung (Indirect Benefit), adalah investasi yang tidak secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh pendapatan (profit).

      1. Komponen-komponen Penganggaran Modal
Untuk menilai manfaat keuangan investasi dimasa yang akan datang, perlu disusun proyeksi aliran kas, baik yang keluar (Cash out flow) maupun yang masuk (Cash inflow).
Proyeksi aliran kas pada intinya meliputi :
  1. Jumlah pengeluaran awal (initialinvesment)
  2. Jumlah dana/kas yang mungkin dihasilkan (terminal cash flow) pada akhir umur investasi.
  3. Manfaat keuangan netto yang ditimbulkan oleh operasi investasi (operational net cash flow).
  4. Jangka waktu yang diharapkan selama timbulnya cash flow.
Setiap investasi mempunyai jangka waktu pengoperasiannya, yang meliputi :
  1. Jangka waktu teknis : yaitu jangka waktu yang diperkirakan, bahwa secara teknis suatu investasi sudah tidak dapat dioperasikan lagi.
  2. Jangka waktu ekonomis, yaitu jangka waktu yang diperkirakan, bahwa secara ekonomis suatu investasi masih layak untuk dioperasikan, atau jangka waktu yang diperkirakan investasi masih dapat menghasilkan manfaat ekonomis.
Umumnya jangka waktu ekonomis lebih pendek dibandingkan dengan jangka waktu teknisnya.

  1. Tingkat pemulihan (rate of return) investasi.
Didalam analisia investasi, rate of return merupakan tingkat keuntungan yang disyaratkan (required rate of return) oleh para investor yang digunakan untuk menetapkan nilai sekarang (present value) dari arus kas yang dihasilkan oleh investasi di masa datang.
Setiap investasi mempunyai tingkat keuntungan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini hakekatnya merupakan pencerminan dari resiko yang terkandung didalam investasi yang bersangkutan. Oleh karenanya, tidaklah tepat untuk menyamakan “required rate of return” bagi setiap investasi yang diusulkan.


BAB II : NILAI WAKTU UANG
Seseorang akan lebih menyukai untuk menerima sejumlah uang pada saat kini, daripada menerima jumlah yang sama pada beberapa waktu kemudian. Kebalikannya, seseorang lebih menyukai untuk membayar sejumlah uang pada saat nanti daripada membayar dalam jumlah yang sama pada saat ini.

  1. Nilai yang akan datang (Future value)
Nilai yang akan datang atau sering juga disebut nilai terminal (terminal value), merupakan jumlah uang yang akan diterima pada beberapa waktu kemudian, dari sejumlah uang pada saat kini (nilai pokok) yang diperhitungkan atas tingkat bunga tertentu.

      1. Frekuensi Permajemukkan
Apabila bunga dimajemukkan (dibayar) lebih dari satu kali dalam setahun, maka dalam menghitung nilai kemudian sedikit mengalami perubahan.

  1. Nilai sekarang (Present Value)
Nilai sekarang adalah jumlah uang pada saat sekarang (awal periode) yang diperhitungkan atas tingkat bunga tertentu dari sejumlah uang yang akan diterima beberapa waktu kemudian. Dengan demikian, nilai sekarang (present value) merupakan kebalikan dari nilai yang akan datang (future value), merupakan kebalikan dari nilai yang akan datang.

  1. Nilai kemudian dari suatu annuity :
Suatu annuity adalah sederetan pembayaran (series of payment) selama jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, pembayaran dilakukan dengan cara angsuran. Suatu annuity mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Jumlah angsuran sama besarnya
  2. Jarak waktu antara angsuran sama
  3. Pembayaran angsuran dilakukan setiap akhir periode tertentu (misalnya akhir bulan)

      1. Nilai sekarang dari suatu annuity
Nilai sekarang dari suatu annuity merupakan kebalikan dari nilai kemudian dari suatu annuity.
Seseorang membeli sebuah barang secara angsuran selama jangka waktu 5 bulan. Besarnya angsuran setiap bulan Rp. 150.000,- dengan tingkat bunga 3% per bulannya. Berapa nilai sekarang (present value) dari besarnya angsuran selama 5 bulan?

      1. Nilai sekarang dari arus dana tidak terbatas
Andaikan diperkirakan arus dana yang sama besarnya akan dihasilkan dalam jangka waktu tidak terbatas, maka untuk menghitung nilai sekarang dari arus permanen ini, harus bertitik tolak dari formulasi nilai sekarang suatu annuity, yaitu :
Dikarenakan jangka waktunya tidak terbatas (n = ~), maka nilai diantara tanda kurung besar sama dengan satu. Sehingga rumus tersebut menjadi :
Suatu surat berharga diperkirakan akan memberikan penghasilan yang permanen sebesar Rp. 100.000,00 per tahun. Tingkat bunga yang dianggap relevan sebesar 20%.
Nilai sekarang dari pendapatan securities tersebut adalah :

      1. Capital Recovery Factor
Capital recovery factor ditujukan untuk mencari nilai permanen dari sejumlah uang yang akan diterima atau dibayar pada setiap akhir periode atas tingkat bunga tertentu.
Dalam hal ini yang diperhitungkan adalah nilai dari pembayaran atau penerimaan yang belum dilaksanakan.

      1. Menghitung besarnya bunga
Dengan menggunakan formula terminal value :
Fn = Po (Fnk)
Fnk = Fn/Po
Tuan A menyimpan uang pada saat kini sebesar Rp. 100.000,00 pada akhir tahun ke 5 jumlah uang tersebut diperkirakan akan menjadi Rp. 180.000,00.

BAB III : METODE DEPRESIASI
Didalam menghitung besarnya depresiasi atau penyusutan, terdapat 3 komponen yang perlu dipertimbangkan, yaitu :
  1. Nilai aktiva (dalam hal ini aktiva hak milik) yang dapat disusutkan
  2. Umur ekonomis aktiva atau investasi
  3. Nilai yang diperkirakan akan dihasilkan pada akhir pengoperasian aktiva atau investasi (nilai residu).
Dari 5 metode depresiasi, hanya akan dibahas 3 diantaranya :

  1. Metode Garis Lurus (Straight Line Method)
Berdasarkan metode ini, besarnya depresiasi per tahun adalah nilai awal aktiva yang dapat didepresiasi, dikurangi nilai residu (jika ada), dibagi umur aktiva. Jika nilai awal aktiva adalah Po, nilai residu adalah Nr dan umur aktiva adalah N, maka besarnya depresiasi setiap tahunnya adalah :

dimana Dt beban depresiasi per tahunnya.
Dimisalkan suatu aktiva mempunyai nilai awal sebesar Rp. 10.000.000,- dan nilai residu diperkirakan sebesar Rp. 1.000.000,-. Umur aktiva ditaksir 5 tahun. Besarnya depresiasi per tahunnya adalah :

Besarnya nilai buku (NB) pada akhir tahun ke 1 dan 2 :
NB1 = Rp. 10.000.000,- 1 (Rp. 1.800.000,-)
= Rp. 8.200.000,-
NB2 = Rp. 10.000.000,- 2 (Rp. 1.800.000,-)
= Rp. 6.400.000,-
demikian seterusnya.

  1. Metode jumlah bilangan tahun umur (Sum of the Year Digit = SOYD)
Dalam metode ini, angka-angka tahun umur investasi dijumlahkan, dan dijadikan pembagi tetap terhadap selisih harga awal (Po) dengan nilai residu (Nr).
Selanjutnya nilai yang dihasilkan dikalikan dengan sisa umur investasi, hasilnya merupakan beban depresiasi pada tahun ke t. Menunjuk contoh di muka, umur investasi digambarkan dalam garis waktunya nampak sebagai berikut :

0
1
2
3
4
5

Jika diperhatikan, maka dapat disimpulkan bahwa garis waktu tersebut merupakan suatu deret hitung, karena selisih antara nilai dua suku yang beruturan adalah sama (dalam hal ini = 1).
Dengan demikian, jumah nilai sampai suku ke n adalah :

dimana a = besarnya suku pertama
N = banyaknya suku dalam deret (yang menunjukkan umur investasi)
Sedangkan, sisa umur investasi pada tahun ke t, merupakan selisih antara umur investasi (N) dengan jumlah tahun yang telah dilampaui (t-1).
Secara formal sisa umur investasi dituliskan :
N (t-1)

      1. Metode Laju Garis Lurus Ganda
Berdasarkan metode ini, besarnya depresiasi per tahun, adalah 2/n dikalikan nilai bukunya. Terkecuali untuk tahun terakhir, beban depresiasi sebesar sisa nilai bukunya.
Seperti telah diuraikan dimuka, bahwa nilai buku pada tahun ke t (NBt) adalah nilai awal (Po) dikurangi akumulasi depresiasi sampai dengan tahun t dikurangi 1 (t-1).
Dari uraian mengenai ketiga metode depresiasi, nampak bahwa metode SOYD dan DDBD menghasilkan beban depresiasi yang lebih besar pada tahun-tahun pertama, dan untuk tahun-tahun berikutnya semakin kecil.
Hal ini berbeda dengan metode Garis Lurus, yang menghasilkan beban depresiasi sama besar untuk setiap tahunnya.
Dengan demikian dapat dikatakan, bahwa metode SOYD dan DDBD merupakan metode depresiasi yang dipercepat.
Terdapat beberapa pertimbangan, mengapa dilakukan depresiasi yang dipercepat?
Diantaranya, berdasarkan konsep nilai waktu dari uang, beban depresiasi yang lebih besar pada tahun-tahun awal jelas menguntungkan.
Dari aspek kepengusahaan, depresiasi yang dipercepat akan memberikan dana yang besar pada awal dimulainya usaha.
Hal ini, tentunya akan memberikan kemudahan bagi perusahaan di dalam melaksanakan aktivitasnya.
BAB IV : PENILAIAN INVESTASI
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menilai usulan investasi, yang dikelompokkan menjadi :

  1. Kriteria investasi yang didasarkan pada konsep Aliran Kas (cash flow concept), terbagi dalam :
  1. Yang tidak memperhatikan nilai waktu dari uang, yaitu Payback Period Method.
  2. Yang memperhatikan nilai waktu dari uang, terditi dari :
  1. Net Present Value (NPV)
  2. Internal Rate of Return (IRR)
  3. Benefit Cost Ratio (BC Ratio atau Profitability Index PI)

  1. Kriteria investasi yang didasarkan pada konsep laba atau pendapatan (Accounting/Accrual Concept), terdiri dari :
  1. Average Rate of Return (ARR)
  2. Accounting Rate of Return (ARR)

  1. Payback Period Method
Dalam metode ini, penilaian investasi ditekan pada pengukuran jangka waktu yang dibutuhkan untuk menutup kembali nilai investasi awal (initial investment), dengan menggunakan aliran kas bersih (net cash flow) yang dihasilkan investasi tersebut. jika kriteria “Payback Period” yang akan digunakan dalam penilaian investasi, maka terlebih dahulu harus ditetapkan jangka waktu maksimum yang diinginkan dari pengembalian modal investasi (Payback Period Maximum).
Jika payback period investasi melampaui payback period maksimumnya, maka usulan investasi ditolak. Kebalikannya, bila payback period lebih pendek dari payback period maximum, maka investasi diterima.
  1. Net Present Value Method (NPV)
Dalam metode ini, penilaian investasi ditekankan pada pengukuran; seberapa besar selisih yang dapat dihasilkan antara nilai sekarang (present value) investasi dengan aliran kas bersih (net cash flow) yang dihasilkan selama umur investasi, baik operasional maupun aliran kas bersih pada akhir umur investasi (terminal cash flow).
Penetapan nilai sekarang dari aliran kas bersih selama umur investasi, harus didasarkan pada tingkat bunga tertentu yang dianggap relevan.
Umumnya tingkat bunga (yang berfungsi sebagai discount factor) yang digunakan adalah biaya penggunaan dana (cost of capital), yaitu biaya dari modal yang digunakan untuk membelanjai investasi bersangkutan. Atau dapat pula digunakan tingkat bunga yang berlaku untuk tabungan.
Pemilihan discount factor merupakan masalah penting dalam metode NPV. Hakekatnya, pemilihan discount factor merupakan pencerminan dari perkiraan para investor (pemilik modal) mengenai “opportunity cost” yang sesuai bagi dana yang akan digunakan untuk membelanjai kegiatan investasi dimaksud. Atau dengan kata lain prosentase tingkat pemulihan terendah (minimum rate of return) yang dibawahnya, bagi para investor, sudah tidak terdapat lagi alternatif investasi lainnya yang dapat menghasilkan tingkat pemulihan yang diharapkan.
Secara umum, NPV dirumuskan sebagai berikut :

dimana :
NPV = Net Present Value
I = Nilai investasi (initial investment/net investment)
At = Aliran investasi (net cash flow) pda tahun
i = Tingkat bunga
Apabila modal kerja diperhitungkan sebagai bagian dan nilai investasi (initial investment), dan diperkirakan terdapat nilai residu pada tahun akhir investasi beroperasi, maka rumus NPV :


dimana NR = nilai residu (salvage value) pada akhir umur investasi
MK = modal kerja pada akhir umur investasi
Aturan keputusan investasi dalam kriteria NPV, adalah ; Apabila NPV yang dihasilkan lebih besar atau sama dengan 0, maka usulan investasi dapat diterima. Sebaliknya, jika NPV yang dihasilkan lebih kecil dari 0, usulan investasi ditolak.
NPV > 0 usulan investasi diterima
NPV < 0 usulan investasi ditolak

  1. Annualised Net Present Value
Untuk investasi yang memiliki net cash flow tahunan yang konstan (suatu penyederhanaan yang dapat digunakan, jika diperkirakan tidak ada indikasi kuat dan nyata, yang menyatakan bahwa asumsi demikian mungkin tidak benar) dapat ditempuh cara singkat dalam menghitung NPVnya.
  1. Umur investasi yang berbeda
Jika umur investasi yang diusulkan berlainan, terlebih dahulu harus ditentukan jangka waktu yang sama bagi investasi-investasi tersebut. Caranya, dengan menetapkan kelipatan persekutuan terkecil dari bilangan-bilangan jangka waktu investasi.
Investasi A berumur 5 tahun, investasi B berumur 6 tahun dan investasi C berumur 10 tahun. Kelipatan persekutuan terkecilnya adalah 30 tahun; investasi A adalah 6 kali umur investasi, investasi B adalah 5 kali umur investasi, dan investai C adalah 3 kali umur investasi.
Tapi pendapatan kelipatan persekutuan terkecil belumlah merupakan penyelesaian yang tuntas. Masalahnya, darimana akan diperoleh manfaat investasi selama kelebihan umur investasi (yang merupakan kelipatan terkecilnya) dari umur investasi yang sebenarnya. Terlebih lagi jika persekutuan terkecilnya menunjukkan jangka waktu yang sangat lama misalnya 50 tahun. Cara lain dapat ditempuh, yaitu annuity.
Prinsip pendekatan ini, adalah mengubah NPV menjadi ekuivalen annuity penerimaan kas bersih (net cash flow) setiap tahunnya selama umur investasi.


BAB V : ANALISA KEPEKAAN DAN ANALISA RESIKO

  1. Analisa Kepekaan (Sensitivity Analysis)
Jika profitabilitas dari investasi dinilai memuaskan ditinjau dari pandangan para investor, maka terdapat kemungkinan besar bahwa investasi yang bersangkutan akan diterima. Tetapi bagi seorang analisis investasi, profitabilitas yang memuaskan tersebut, akurasinya masih harus diuji lagi. Karena disasari bahwa investasi akan selalu berorientasi kepada waktu yang akan datang yang penuh dengan ketidak pastian. Hal ini menyebabkan, seorang analisis investasi akan selalu dihadapkan kepada pertanyaan-pertanyaan, seperti; apa yang akan terjadi terhadap profitabilitas investasi seandainya variabel-variabel yang mempengaruhinya mengalami perubahan-perubahan diwaktu yang akan datang. Apabila penjualan lebih rendah dari yang diharapkan, terjadinya kenaikan harga bahan baku dan lain sebagainya. Kalkulasi dari perubahan-perubahan variabel seperti itulah yang menjadi tujuan dari analisis kepekaan.
Analisa kepekaan bagi seorang analisa investasi merupakan suatu media analisa untuk mencoba menjelaskan konsekuensi-konsekunesi yang mungkin ditimbulkan oleh perubahan-perubahan dari variabel-variabel yang mempengaruhi profitabilitas investasi. Sehingga memungkinkan untuk diidentifikasi variabel mana yang mempunyai kepekaan tertinggi.
  1. Analisa Titik Impas (Break-Even Point Analysis)
Analisa titik impas, merupakan salah satu alat nalisa kepekaan yang paling banyak dikenal dan umum digunakan, baik sebagai alat bantu di dalam perenanaan investasi maupun sebagai alat analisa dan menilai kondisi suatu perusahaan.
  1. Titik impas dalam artian NPV sama dengan 0
Seperti diketahui jika NPV lebih besar dari pada 0, menunjukkan bahwa investasi yang dimaksud menguntungkan. Tetapi permasalahannya sekarang adalah, berapa volume penjualan minimal yang harus dilakukan, agar dapat direncanakan volume penjualan yang dapat menghasilkan nilai pendapatan yang lebih besar dari pada jumlah biayanya.
  1. Analisa Kepekaan Variabel-Variabel NPV
Seperti yang telah dijelaskan di muka, bahwa NPV suatu investasi dapat diubah menjadi annuity. Perubahan tersebut bertujuan untuk mencari ukuran mengenai batas keamanan investasi, yaitu menetapkan jumlah maksimal dari pendapatan yang sebenarnya menyimpang dari pendapatan yang diharapkan, sehingga masih mampu untuk menghasilkan pendapatan yang disyaratkan oleh tingkat discount faktornya.


  1. Analisa Resiko
Disadari bahwa variabel-variabel yang menentukan profitabilitas suatu investasi diwaktu yang akan datang dipengaruhi oleh keadaan-keadaan yang berada di luar jangkauan manajemen perusahaan. Oleh karenanya, keadaan-keadaan tersebut sukar untuk diperkirakan secara pasti. Kesulitan untuk menetapkan kepastian dari keadaan-keadaan di waktu yang akan datang, mengandung pengertian bahwa cepat atau lambat peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di waktu yang akan datang akhirnya dapat mempengaruhi profitabilitas investasi, hanya saja kemungkinan (probabilitasnya) kejadiannya sukar dipastikan. Sedangkan yang dimaksud dengan istilah “resiko”, apabila probabilitas dari variabel-variabel yang mempengaruhi profitabilitas investasi dalam berbagai tingkatannya dapat ditentukan.
Dalam penilaian suatu investasi, semua variabel yang mempengaruhi profitabilitasnya akan mempunyai nilai-nilai tertentu, dimana nilai-nilai ini merupkakan gambaran dari perkiraan terbaik (best estimate).
Walaupun demikian, beberapa diantara perkiraan terbaik tersebut masih mengandung keraguan didalamnya. Penjumlahan dari variabel-variabel yang masih mengandung keraguan akan merupakan resiko investasi secara keseluruhan.
Tujuan analisa resiko, adalah berusaha untuk mengurangi resiko investasi secara keseluruhan, hingga jumlahnya dirasakan berada dalam tingkatan yang memungkinkan ditetapkannya keputusan-keputusan yang wajar atau layak.

  1. Pohon Probabilitas (Probabilities Tree)
Pada kenyataannya, pengambilan atau penetapan keputusan yang berkaitan dengan perencanaan investasi tidak akan dilakukan satu kali saja atau untuk satu periode tertentu saja, tetapi akan dilakukan secara terus menerus sesuai dengan kemungkinan kejadian dari suatu periode ke periode berikutnya.
Walaupun perubahan dari variabel-variabel yang mempengaruhi aliran kas investasi yang umumnya dinyatakan dengan probabilitasnya (kemungkinan kejadiannya) cenderung memberikan nilai yang berbeda untuk setiap periodenya. Tidaklah tertutup kemungkinan bahwa probabilitas pada periode sebelumnya akan mempengaruhi atau menentukan probabilitas periode berikutnya. Pengalaman telah menunjukkan bahwa banyak keputusan yang ditetapkan pada suatu periode tertentu, merupakan tindak lanjut atau refleksi dari keputusan yang telah ditetapkan pada periode sebelumnya. Dengan kata lain, bahwa keputusan yang ditetapkan pada suatu periode tertentu merupakan cabang dari keputusan sebelumnya.
Jika suatu investasi memiliki kecenderungan seperti itu, artinya probabilitas dari hasil yang diharapan pada suatu periode tertentu dipengarahi atau ditentukan oleh probabilitas hasil yang diharapkan pada periode sebelumnya, maka didalam perencanaannya harus menggunakan pendekatan yang sesuai dengan tahapan kemungkinan kejadiannya.

  1. Pengungukuran Resiko dengan Pendekatan Regresi Linier
Dalam pendekatan regresi linier, kita mencari hubungan antara 2 variabel atau lebih yang memiliki hubungan satu dengan lainnya untuk kemudian ditentukan persamaan liniernya. Analisa regres linier yang umum digunakan di dalam Metode Kuadrat terkecil.

  1. Arti dan Tujuan Portfolio
Umumnya investor akan menanamkan dananya lebih dari satu macam investasi, sehingga resiko yang akan dihadapi merupakan resiko gabungan dari berbagai jenis investasi yang dipilih. Pengukuran resiko gabungan ini, berbeda dengan pengukuran resiko pada satu jenis investasi saja. Melalui pendekatan teori portfolio kita dapat mengukur resiko gabungan dari sekumpulan investasi.
Portfolio dapat diartikan sebagai sekumpulan surat berharga (financial assets). Walaupun pada awalnya teori portfolio ini timbul berkaitan dengan diversifikasi investasi dalam surat-surat berharga, tetapi pada rinsipnya teori ini dapat juga diterapkan bagi diversifikasi investasi yang non financial assets sifatnya.

  1. Variance dan Covariance
Varian dari satu variabel X adalah sama dengan pengkuadratan dari selisih antara total pendapatan yang dihasilkan pada setiap periodenya dengan pendapatan yang diharapkan (X).
Jika diformulasikan nampak sebagai berikut :
Apabila dimiliki 2 variabel (X dan Y), maka varian kedua variabel tersebut merupakan penjumlahan masing-masing variannya :
var (x+y) = var (x) + var (y) + 2 cov (x,y)
sedangkan covarian antara X dan Y, diartikan :
cov (xy) = (x-x) (y-y) (x,y)
cov (x,y) = (xy) – x y

  1. Pengukuran Resiko Portfolio
Pengukuran resiko yang sementara ini kita pelajari didalamnya belum memperhitungkan proporsi dan yang direncanakan akan ditanamkan pada setiap investasi pada portofolio. Hal ini dimaksudkan agar pusat perhatian kita dapat difokuskan pada pemahaman mengenai varian, covarian, dan akibat yang ditimbulkan terhadap perubahan kejadian aliran kas yang dihasilkan dari penggabungan 2 investasi. Agar pengukuran resiko portfolio memberikan hasil yang lebih realitas, tentunya proporsi dana yang direncanakan akan ditanamkan pada 2 investasi tersebut haruslah diperhitungkan.
  1. Portfolio Lebih dari 2 Investasi
Teori portfolio yang sementara ini kita pelajari hanya membatasi pengukuran resiko untuk 2 investasi saja. Sedangkan pada kenyataannya terdapat banyak kesempatan investasi yang dapat dipilih oleh seorang investor. Permasalahannya sekarang, bagiamana kita harus mengukur resiko portfolio, apabila investasi-investasi yang membentuk portfolio tersebut lebih dari 2. Untuk menjawab permasalahan ini, kita tetap harus berpegang pada pedoman, bahwa secara ekonomis maupun psikologis tingkat pemulihan yang diharapkan dari seorang investor merupakan pencerminan atau kuantifikasi kesediaannya untuk menanggung resiko. Dalam pengertian bahwa tingkat pemulihan yang diharapkan tersebut dinilai dari tingkat pendapatan dan resikonya, menurut investor yang bersangkutan sudah optimum.

  1. Capital Assets Pricing Model (CAPM)
Seperti telah dipelajari, penganekaragaman atau diversifikasi investasi dapat mengurangi resiko investasi keseluruhan. Kendati demikian, diversifikasi investasi tidak dapat menghilangkan resiko investasi sama sekali. Dikarenakan pada kenyataannya hampir seluruh investasi memiliki korelasi positif dengan perubahan perekonomian secara keseluruhan.

  1. CAPM dalam Penganggaran Modal
Setelah kita mengetahui hal-hal pokok yang berkaitan dengan teori pasar modal dan metode penilaian harga pasar suatu investasi, tibalah saatnya bagi kita untuk mengetahui, bagaimana penerapan atau aplikasinya dalam penganggaran modal yang dihubungkan dengan penyesuaian aliran kas (cash flow) terhadap resiko pasar atau resiko sistematis yang melekat pada investasi yang bersangkutan.

  1. Aplikasi RAPVF pada Investasi dengan Jangka Waktu Lebih dari 1 Periode
Pada pembahasan di muka telah dipelajari penetapan RAPVF untuk investasi berjangka waktu 1 periode. Dengan berbekal pemahaman pada pembahasan di muka tersebut, sekarang kita akan mempelajari aplikasi atau penggunaan RAPVF untuk investasi berjangka waktu lebih dari 1 periode.
Sewaktu kita mempelajari penganggaran modal dalam kondisi kepastian (certainty cinditions), telah dipahami bahwa untuk menentukan nilai sekarang (present value) dari sejumlah uang yang akan diterima pada waktu yang akan datang, digunakan faktor nilai sekarang (present value factor/dicount factor). Untuk tingkat bunga sebesar 10% net present value factor pada tahun 1 = 0,9091, tahun 2 0,8264 dan seterusnya.
Secara prosedural perhitungan nilai sekarang pada kondisi ketidakpastian (uncertainty conditions) memiliki kesamaan dengan perhitungan nilai sekarang pada kondisi kepastian. Hanya saja pada kondisi ketidakpastian, harga-harga diukur berdasarkan hubungan antara nilai waktu dari uang (time value of money) dengan resiko pasarnya.
Tidak sebagaimana halnya pada kondisi kepastian, harga-harga diukur berdasarkan dari uang saja.

  1. Adjusted Net Present Value (ANPV)
Adjusted net present value adalah penyesuaian NPV suatu investasi terhadap keputusan finansiil yang berkaitan dengan pelaksanaan investasi yang bersangkutan.
Di dalam menentuakn ANPV, langkah pertama yang harus ditempuh adalah menetapkan “base case” investasi. Yaitu nilai investasi apabila investasi tersebut seluruhnya dibelanjai oleh modal sendiri.
Seperti diketahui bahwa beban bunga sebagai akibat penggunaan modal asing, akan tetap jumlahnya untuk setiap periodenya, dengan demikian beban bunga ini tiadk dipengaruhi oleh tingkat keuangan portfolio pasar.

BAB VII : BIAYA MODAL
Untuk menghitung biaya modal keseluruhan dari suatu investasi, terlebih dahulu harus dihitung biaya modal individualnya.

  1. Biaya Modal Hutang (Cost of Debt)
Biaya modal hutang timbul dikarenakan penggunaan modal asing untuk membiayai suatu investasi.
Untuk menghitung biaya hutang ini, digunakan cara seperti menghitung IRR suatu investasi.
Yaitu mencari tingkat bunga yang dapat menjadikan nilai sekarang penerimaan bersih dari suatu sumber dana asing sama dengan nilai sekarang dari seluruh kewajiban ditambah nilai nominal hutangnya.

  1. Biaya Saham Biasa (Common Stock)
Kesediaan seseorang investor untuk membeli suatu saham, akan sangat ditentukan oleh :
  • Harapannya atas arus dana masuk yang dapat dihasilkan oleh saham tersebut, dengan terdiri dari pembayaran dividen dan nilai jual saham pada akhir periode.
  • Tingkat resiko.

  1. Biaya Saham Preferen (Cost of Prefered Stock)
Dikarenakan dividen saham preferen dibayarkan tetap untuk setiap periodenya, maka untuk menentukan biaya saham preferen (Bsp):
dimana :
D = dividen saham preferen
P = harga pasar saham preferen

  1. Biaya Laba Ditahan (Cost of Retained Earning)
Laba ditahan pada hakekatnya merupakan bagian keuntungan para pemegang saham yang tidak dibagikan, tetapi ditahan oleh perusahaan untuk diivestasikan kembali.
Dengan demikian secara logika, para pemegang saham akan bersedia menyisihkan sebagian keuntungan untuk diinvestasikan kembali, apabila investasi kembali tersebut dapat menghasilkan keuntungan atau tingkat pemulihan minimal sama dengan tingkat pemulihan saham. Hal ini disebabkan, laba ditahan mengandung opportunity cost, yaitu sebesar tingkat pemulihan yang diharapkan oleh para pemegang saham seandainya laba ditahan tersebut dibagikan sebagai dividen.

  1. Keputusan Keuangan (Financing Decision)
Setelah ditetapkannya keputusan investasi, langkah selanjutnya adalah menentukan sumber-sumber dana/modal yang akan digunakan untuk membelanjai investasi tersebut.
Keputusan yang berkaitan dengan pemilihan sumber dana, disebut dengan keputusan keuangan (financing dicision).
Berdasarkan sumbernya, dana/modal dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu dana yang berasal dari luar perusahaan (external financing) yang dalam bentuknya dapat berupa hutang atau saham, serta dana yang terbentuk dalam perusahaan (internal financing) yaitu laba yang ditahan atau penyusutan.
Dengan demikian di dalam memilih sumber dana terkandung tujuan, bahwa penggunaan sumber dana akan dapat menciptakan suatu struktur modal yang optimal, yaitu suatu perimbangan yang sehat antara modal sendiri dengan modal hutang.
Terdapat salah satu cara yang dapat digunakan didalam menetapkan struktur modal, yaitu dengan menganalisa pengaruh dari struktur modal terhadap rentabilitas modal sendiri.
Yang dimaksud dengan rentabilitas modal sendiri (RMS), adalah kemampuan modal sendiri di dalam menghasilkan pendapatan. Sehingga dalam metode ini, penetapan struktur modal dikaitkan dengan peningkatan kemampuan modal sendiri di dalam menghasilkan pendapatan. Dengan demikian, dalam konsep ini, yang dimaksud dengan struktur modal yang optimal adalah struktur modal yang dapat memaksimumkan RMS, yaitu suatu struktur modal yang dapat meningkatkan pendapatan para pemegang saham.
Untuk lebih memahami metode ini, perhatikan contoh berikut ini: Suatu investasi bernilai Rp. 100.000.000,00 dapat dibelanjai 2 alternatif sumber dana, yaitu :
  • seluruhnya dengan obligasi 10%
  • seluruhnya dengan saham seharga Rp. 25.000,00 per lembar.
Pada saat kini, struktur modal seluruhnya terdiri dari 4.000 lembaran saham biasa. Jika laba sebelum bunga dan pajak yang dapat dihasilkan oleh investasi tersebut sebesar Rp. 60.000.000,00 dengan tingkat 40%. Alternatif pembelanjaan mana yang sebaiknya digunakan.



Semoga artikel Sinopsis Penganggaran Modal Dan Analisa Resiko Investasi bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar

Obat Herbal Alami

Peluang Bisnis Online Modal Murah

Hosting Gratis